Jumat, 02 November 2012

Hari Batik Nasional Berkah Bagi Penjual Batik Kain Basurek

 

suasana ramainya pembeli disalah satu rumah batik

Hari Batik Nasional  yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober,menjadi peruntungan tersendiri bagi penjual batik Kain Basurek diBengkulu, antusias para pembeli semakin tinggi dengan ikut serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat Bengkulu dengan kain basurek sebagai salah satu warisan budaya yang harus dijaga.

Tingginya permintaan  masyarakat Bengkulu terhadap Batik memberi dampak positif bagi para penjual,selain ikut menghidupkan usaha batik kain basurek dibengkulu juga ikut menanamkan nilai budaya Bengkulu.
Kain basurek sendiri merupakan hasil budaya turun temurun oleh para leluhur terdahulu dikalangan masyarakat Bengkulu,kain basurek atau batik kain basurek pada hakekatnya bermotif huruf kaligrafi bertuliskan huruf gundul,tidak hanya itu,motif yang paling menonjol adalah bunga Rafflesia salah satu ciri khas Bengkulu.
Adapun yang pertama mempelopori kegiatan pembuatan kain basurek adalah nyonya asyiya sang penggerak bagi para pengrajin dibengkulu yang ia kembangkan bagi masyarakat Bengkulu agar memiliki daya terampil dalam membuat kerajinan ini,telah banyak didirikan dan cabang-cabang agar kain basurek mempunyai daya jual serta yang tinggi untuk masyarakat luar tentang budaya yang dimiliki Bengkulu,telah kita ketahui peninggalan seperti ini harus dibudayakan karena telah lama dikembangkan sejak zaman kerajaan-kerajaan yang ada di Bengkulu  yang telah meninggalkan hasil-hasil budaya yang tinggi dan luhur nilainya,salah satu wujud diantaranya adalah kain basurek.  
“Kain basurek memiliki beberapa motif khusus yaitu motif kaligrafi,motif pohon hayat,motif rembulan,namun seiring berjalannya waktu motif ini mulai mengalami perubahan sesuai keinginan konsumen,contohnya saja motif kaligrafi  digabungkan dengan motif kupu-kupu,dahulu motif-motif lama hanya diperuntukan bagi kaum adat dan penjabat,maka dari itu untuk mencakup semua golongan strategi seperti inilah salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan” ujar Citra,penjual batik kain basurek Limura.Bengkulu.
Dari segi pembuatan,kain basurek memiliki tiga tehnik,yang pertama printing dengan menggunakan teknologi mesin untuk hasil produksinya,karena dari segi produksi tergolong besar dan hanya bisa dilakukan di jawa,untuk seluruh Indonesia,saat ini Bengkulu masih belum mampu untuk menggunakan teknologi tersebut.yang kedua cap,pembuatannya bisa dilakukan dirumah produksi sendiri,dan yang terakhir adalah Hand made(Buatan tangan) kain basurek dengan hand made atau batik tulis,selain itu batik tulis atau hand made merupakan batik yang lumayan mahal dibandingkan yang lainnya.karena proses pembuatan yang memakan waktu dan lebih rumit.
Citra menambahkan bila rumah produksinya hanya memiliki 3 tenaga ahli,diBengkulu saat ini hanya ada dua tempat yang memiliki fasilitas pembuatan batik,pertama diLimura dan yang kedua Bens Collection.akan tetapi dengan dicanangkannya hari batik nasional semoga masyarakat Bengkulu lebih mencintai produk sendiri tanpa harus keluar kota,walaupun untuk masalah harga tergolong masih bisa dijangkau,contohnya saja untuk kain batik,kami patok harga dari Rp.25.000,-Rp.700.000,-sesuai dengan kerumitan motif,pewarnaan dan tehnik pembuataanya.
Dalam sebulan kami bisa mendapatkan pendapatan lebih kurang Rp.10 juta,terkadang tidak menentu seperti saat ini,untuk memproduksi kain saja kami belum bisa,akibat kemarau kendala air menjadikan produksi kain tidak semaksimal seperti hari biasanya,karena dalam proses pembuatan kain basurek air menjadi bahan penting untuk proses melorot(pelepasan lilin ke kain).selain itu dari segi penjahitan kain basurek,kami menggunakan konveksi khusus dikudus,untuk mendapatkan kualitas yang bagus,maka dari itu mengapa harga kain basurek sedikit lebih mahal,karena diimbingai dengan biaya produksinya meski demikian minat masyarakat Bengkulu masih teregolong besar untuk membeli.tambah citra.
“Kain basurek,memiliki kualitas yang bagus dengan dasar kain katun yang halus,tidak panas ketika dipakai,bagi saya soal harga tidak jadi masalah asalkan sesuai dengan bagusnya barang,kain batik sudah menjadi hal wajib setiap berpakaian kekantor contohnya saja saya sekarang”,ujar indah pembeli kain basurek.
Batik kain basurek merupakan salah satu ikon untuk daerah Bengkulu yang menjadi wujud fisik budaya Bengkulu selain itu fungsi lain dari nilai yang terkandung pada kain basurek berkaitan dengan kehidupan dan keindahan alam dan flora serta fauna.yang memiliki nilai seni penting, dengan adanya peninggalan bersejarah yang sangat penting ini harus dilestarikan bagi generasi kedepan tentang arti budaya bagi masa yang akan datang terutama dengan adanya hari batik nasional saat ini.(.Amd)




2 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    BalasHapus
  2. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus