Jumat, 04 November 2011

Kehadiran Blog pribadi dan masa depan media cetak?


Peranan media cetak saat ini masih sangat dibutuhkan di era sekarang,Masyarakat menulis di blog atau jejaring sosial mana pun tetapi sebatas peranan mereka sebagai masyarakat. Sedangkan jurnalis, merupakan orang yang benar-benar punya kewajiban atas pekerjaannya mengungkapkan fakta baik fakta sosiologis maupun fakta psikologis dari suatu peristiwa atau permasalahan.
          Walaupun tidak ada undang-undang yang menyebut masalah Blog pribadi, tetap saja kebebasan itu tidak bisa dimanfaatkan seenaknya.
 Walaupun kini Teknologi komuniksi dan informasi baru (new media) lambat laun mengambil alih hampir semua kemampuan yang dimiliki oleh media cetak,bahkan pada titik tertentu new media memberikan lebih dari apa yang bisa diberikan oleh media cetak.Hal ini menjadikan sebuah fenomena dimana teknologi komputer dan internet yang bersifat interaktif membaur dengan teknologi media komunikasi cetak yang bersifat tak langsung.
Di lain pihak, kita juga harus menyadari bahwa dampak adanya blog pribadi membuat kebebasan masyarakat bebas berekspresi dalam menyebarkan informasi di ranah jejaring social,tentu tidak luput dari benturan dan pelanggaran terhadap etika yang berlaku di dunia nyata. Karena tidak ada kontrol dalam proses penyebarannya tersebut, masyarakat kadang lebih mengedepankan emosi ketimbang logika sehat dalam tulisan-tulisannya. Jadi tak salah jika saat ini banyak tulisan di berbagai situs jejaring sosial dan blog yang cenderung berisi sumpah serapah, makian, dan lain sebagainya. Bahkan, sampai mengandung unsur pencemaran nama baik seseorang.
Maka dari itu mengenai masa depan cetak dengan adanya kehadiran blog tak akan mempengaruhi minat masyarakat terhadap kemajuan zaman,masyarakat cendrung masih ingin menikmati pemberitaan yang sifatnya factual,actual dan terpercaya dibandingkan dengan kemunculan new media.

0 komentar:

Posting Komentar