Jumat, 04 November 2011

Apa sih perbedaan menulis diblog dengan di media massa cetak?


Perbedaan segi penulisan di blog dengan media cetak mempunyai perbedaan yang sangat menarik ,karena seperti yang kita ketahui media cetak mempunyai pengaruh besar dengan munculnya media blog ini,selain itu masing-masing media mempunyai tujuan sama untuk memberikan informasi.
Terlepas dari itu, kebenaran mengenai berita yang dihasilkan melalui blog, menurut saya, belum bisa sepenuhnya dipercaya jika dibandingkan dengan berita di media massa yang dihasilkan oleh reporter profesional.misalnya, dalam situs yang kita dapatkan bebas diedit oleh masyarakat untuk melengkapi isinya.maka dari itu kelemahan dari penulisan blog adalah keakuratan informasi.

                Oleh karenanya, kebenaran dan keakuratan berita yang disajikan melalui blog, menjadi tanggung jawab masing-masing pihak yang menyajikan berita tersebut. Mengenai bahasa yang digunakan,apakah bahasa jurnalistik atau bukan, menggunakan kaidah jurnalistik atau tidakyang pasti tak akan ada yang menuntut jika kita membuat sebuah berita dalam blog pribadi kita dengan menggunakan bahasa yang membingungkan. Yang jelas, kita harus mengingat bahwa tujuan awal adanya blog ini adalah untuk melengkapi berita yang sudah ada, bukan sebagai berita utama. Maka, sebagai konsumen informasi, masyarakat harus senantiasa mempertahankan sikap  seleksi terhadap berita yang disajikan. Tidak menelan mentah-mentah berita tersebut karena kini, setiap orang bisa menjadi reporter, terlepas dari apakah ia adalah orang yang berkompeten menulis berita atau tidak.
Balik lagi ke penulisan media cetak,dan bagaimana cara jurnalisme menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk.dengan tidak sembarangan melainkan menggunakan tehnik dan kode etik seorang jurnalistik,contoh pemberitaan dari media cetak mengenai peristiwa fakta sesuai dengan suara hati nurani tanpa campur tangan, paksaan, dan intervensi dari pihak lain termasuk pemilik perusahaan pers,Jika dikaitkan dengan suara hati, mungkin bisa saja jujur, tapi, tak jarang juga pendapat teman atau kerabat bisa memengaruhi tulisan, misalnya di blog.
Selain itu keakuratan berita ,akurat berarti dipercaya benar sesuai keadaan objektif ketika peristiwa terjadi,menghasilkan berita yang faktual dan jelas sumbernya, tidak melakukan plagiat, termasuk menyatakan hasil liputan wartawan lain sebagai karya sendiri dan terakhir memakai tehnik penulisan berit yang jelas dalam aturan pembuatan berita di media cetak.



0 komentar:

Posting Komentar