Kamis, 03 November 2011

BLOG PRIBADI DAN JEJARING SOSIAL SEBAIKNYA DIKATEGORIKAN SEBAGAI MEDIA MASSA ATAU APA YA?


Saat ini kita sudah bisa melihat betapa semakin majunya perkembangan teknologi yang berimbas pada kehidupan jurnalisme. Tetapi, hal ini tidak semata-mata lahir dan tumbuh karena pengaruh teknologi tetapi juga pengaruh kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya di masyarakat.
Seiring berkembangnya zaman, dan mobilitas masyarakat di suatu negara mengakibatkan kemajuan dibidang teknologi dan informasi sangat pesat. Ini bisa dilihat dalam penyampaian informasi atau berita yang saat ini banyak dikemas melalui media online yang berasal dari masyarakat umum.
Seperti yang kita ketahui bagaimana peran jejaring social dan media lainnya yang berhubungan di dunia maya semakin meluas saat ini,akan tetapi, fenomena ini sudah melahirkan sebuah genre baru dalam perkembangan media massa. Sehingga, tidak dapat dipungkiri media ini memunculkan pro dan kontra untuk keberadaannya.dikarenakan hal seperti ini telah berubah sangat drastis contoh sebuah blog saja,yang membuat perselisihan terhadap media massa karena ada yang memandang bahwa jurnalisme warga tidak termaksud kedalam kegiatan jurnalisme yang dikategorikan media massa.
Media internet/jejaring social memang salah satu media yang terlihat sangat kuat menyiarkan bentuk informasi dibanding media lain. Situs-situs di internet terbukti bisa memberikan pengaruh yang luar biasa kepada kehidupan penikmat media, terutama informasi  on-line. Penggunaan situs di internet tersebut selain sebagai sarana penyedia informasi tetapi juga berhasil menyediakan forum publik untuk kritik maupun dukungan warga.
Perkembangan suatu hal pasti diiringi dengan dampak negatif dan positif yang bisa menjadi kontroversi.karya warga yang dijadikan berita belum tentu semua bisa dijadikan sumber untuk mencari informasi alternatif, misalnya seperti blog. Blog, atau yang biasa digunakan oleh warga sebagai tempat pencurahan diri, catatan harian, atau sekaligus berbisnis perlu dilihat kembali jika akan dijadikan sumber berita, yaitu dilihat dari siapa pemilik dan penulisnya, serta dari sumber apa saja informasi dihimpun, sehingga untuk mengakses informasi dari situs-situs yang menyajikan informasi , warga harus tetap melakukan seleksi, dan perlu juga adanya gatekeeper atau editor pada situs-situs tersebut. Sebaiknya editor tersebut memiliki ketrampilan juga di bidang jurnalistik. Hal inilah yang sempat meragukan blog sebagai salah satu media yang bisa masuk ke dalam media massa online atau tidak, karena kurang adanya pihak yang dapat bertanggungjawab pada kebenaran isi tulisan.
Dikarenakan Blog dan jejaring social adalah salah satu bentuk dari Jurnalisme Publik, walaupun tentu saja masih lebih banyak blog dan jejaring social yang berisikan curahan hati pemiliknya, daripada menuliskan hal-hal yang bermanfaat dan dapat berguna bagi para pembacanya.
Jadi dilihat dari berbagai pengertian mengenai jejaring social dan media online,bahwa media ini hanyalah sebuah media baru atau yang biasa disebut New Media yang kini tengah menjadi trend,bila kita lihat termasuk kateori media massa sepertinya media online belum mampu memasuki ruang lingkup tersebut dikarenakan media ini belum sepenuhnya menjadi kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar