Jumat, 02 November 2012

Batu hias kian diminati


Batu-batu hias
Batu-batu hias ataupun batu alam kini sering diminati masyarakat bengkulu selain karena keindahan dari batu sendiri juga dapa dijadikan sebagai barang interior didalam rumah tidak hanya dijadikan sebagai hiasan mata cincin, batu-batu ini kian menjadi properti berkelas bagi kalangan menengah keatas.
“ Batu kecubung, batu teratai, batu kadarasam paling sering diminati pelanggan karena bentuk dan permukaan batu yang licin dengan warna yang alami, selain itu dengan bentuknya yang beragam dan unik tak jarang jadi buruan bagi yang benar-benar ingin membeli batu-batu ini, bagi sebagian pencinta seni batu hias mungkin lebih meminati batuan yang unik karena sangat bagus untuk mempercantik rumah” ujar yudi penjual  batu hias dijalan rafflesia, penurunan, Bengkulu.
Rata-rata dalam jangka beberapa bulan usaha milik yudi ini sudah sering dipesan bahkan telah meningkat, menurutnya masih sedikitnya para penjual batu hias membuat usahanya lebih laku dipasaran, ia pun sendiri menambahkan dalam penjualan batu tidak selamanya dipesan dari kalangan pemburu properti  karena para pengrajin cincin sering meminati batu-batu miliknya untuk dijadikan cincin batu akik.
“Batuan hias memang memiliki kesan mewah bila digunakan sebagai dekorasi rumah berbeda dengan batuan yang telah diukir, tentunya akan menghilangkan unsur alaminya. Untuk batu-batu ini saja saya dapatkan dari berbagai tempat mulai dari pegunungan, kali atau sungai, hingga pantai. biasanya batu kali paling sering diminati karena bentuk dan warnanya yang unik, tidak mudah untuk mendapatkan batuan-batuan yang bagus dan mempunyai nilai jual, saya sendiri harus sampai ke daerah seluma hingga curup untuk mencarinya karena sesuai dengan jenis batu pastinya sulit juga untuk didapatkan” tambahnya.
Batu hias miliknya mempunyai beragam jenis dari yang ukuran besar hingga kecil, dan bentuk warna yang unik sampai berbentuk yang aneh, ia pun mengatakan untuk batu termurah diusahanya bisa mencapai Rp.200.000,- dan bila batu tersebut bila sangat bagus dihargai hingga jutaan rupiah.
“untuk saat ini mungkin masih sangat sedikit yang ingin mengembangkan usaha batu akik padahal usaha ini mempunyai omset yang sangat menguntungkan, banyak batuan yang ada sering dijual adalah batu alam yang kurang bagus kualitasnya, sekarang ini hanya seni pahat yang mulai banyak, selain itu batu hias juga sering digunakan untuk pengrajin batu akik, asalkan dengan tekun kita menggerakan usaha pasti bisa terus berkembang” ujar yudi.
Batu hias merupakan batuan yang memiliki nilai jual yang sangat menguntungkan, yudi pun merasakan dalam beberapa bulan terakhir usaha telah mengalami peningkatan 20%, kebanyakan kaum ibu-ibu yang menginginkan batuan yang layak untuk digunakan properti hiasan rumah, selain itu para kalangan laki-laki lebih meminati untuk dijadikan batu akik untuk dijadikan hiasan cincin, karena dengan membeli batu tersebut tentunya bisa dibuat dengan jumlah yang sangat banyak, dikarenakan  untuk sebuah cincin saja hanya dibutuhkan ukuran batu yang kecil belum lagi bila batu tersebut dalam ukuran besar bisa dibuat dalam jumlah banyak.(Mg-Amd) 


2 komentar:

  1. Seni Biseki & Suiseki Tetap menjadi favorite..Kepuasan dalan menikmati keindahan warna natural batu,kwalitas poles & bentuk yang menyerupai Objek tertentu membuat pikiran tidak pernah jenuh dalam mengagumi..

    BalasHapus