Jumat, 17 Februari 2012

Kode etik didunia maya


Mewabahnya situs jejaring social  membuat makin bebasnya seseorang untuk mengaspirasikan pendapatnya kekhalayak banyak,hal ini dapat kita lihat bagaimana saat ini tengah gencar-gencarnya digunakan oleh masyarakat,banyak teknologi komunikasi tidak hanya mempengaruhi satu bidang kehidupan masyarakat, melainkan hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat dipengaruhinya, tidak terkecuali bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya suatu masyarakat. Hal ini disebabkan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin mengaburkan batas antara satu negara dengan negara lain, menjadikan minimnya batas ruang dan waktu antara satu individu dengan individu lain yang berada di seluruh penjuru dunia.
Pertanyaan mengapa teknologi komunikasi dapat mempengaruhi hampir seluruh bidang kehidupan masyarakat dapat dijawab apabila kita memperhatikan besarnya dampak teknologi komunikasi di masyarakat. Teknologi komunikasi berupa media massa memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan komunikasi secara cepat dan masih kepada masyarakat. Dengan demikian, informasi yang berada di dalamnya akan mampu mempengaruhi masyarakat.
Kode etik yang harus diterapkan didunia maya:
1.      Sopan santun,mengapa demikian dalam dunia maya cakupan komunikasi kita sangatlah luas perlunya kita menjaga sopan santun dengan tidak sembarang berkomentar yang tidak jelas ataupun berargumen,dan membiasakan untuk menghargai sesama komunitas pemakai teknologi komunikasi ini.
2.      Bertanggung jawab,pentingnya tanggung jawab dalam melakukan suatu perbuatan adalah hal yang perlu diperhatikan,apabila kita berani untuk berkomentar atau menyampaikan suatu pendapat kita harus berani bertanggung jawab dengan tindak sembunyi tangan.
3.      Tidak copy paste,hal ini paling sering terjadi karena kebanyakan pengguna internet selalu menggampangkan sesuatu melalui tindakan copy paste tanpa memikirkan dari mana asal sumber data tersebut,padahal kebanyakan sumber informasi dari internet berasal dari lembaga seperti media,maka dari itu hargailah suatu sumber dengan tidak selalu menjiplak.internet memungkinkan siapapun untuk mengambil konten dengan mudah dan cepat. Konten yang kita ambil tersebut, misalnya sebuah artikel, tentunya hasil jerih payah orang lain ketika menulisnya.catatlah nama penulis serta URL tempat tulisan tersebut, dan cantumkan ketika kita menggunakannya sebagai referensi.
4.      Gunakanlah kutipan/refensi,dalam memposting suatu tulisan biasanya kita imbangi dengan refensi dan kutipan,perlunya memakai kode etik ini agar kita tidak sembarang berasumsi dari mana asal sumber data,dan yang lebih penting dengan tidak mengaku-mengaku mengambil kutipan orang lain karena merupakan sebuah pelanggaran mengambil kata-kata tanpa mencantumkan dari mana asal data tersebut.
5.      Hindarkan huruf besar dengan tanda simbolik,agar orang mudah memahami apa maksud dari kata-kata yang kita sampaikan terlebih jangan menggunakan huruf capital karena kata tersebut bermakna kasar(seolah membentak).
6.      Mengikuti peraturan yang ada,dengan tidak melenceng dari prosedur yang telah diterapkan.
7.      Jangan menjebol portal suatu akun,karena bila akun seseorang sudah dimasuki oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab maka besar kemungkinan orang tersebut bisa saja memberitakan hal-hal buruk  dan merugikan pemilik akun.



0 komentar:

Posting Komentar