Jumat, 28 Oktober 2011

INTERNET

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC (personal computer), jaringan-jaringan lokal kecil, jaringan-jaringan kelas menengah, hinga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet,jaringan-jaringan ini saling berhubungan atau berkomunikasi satu sama lain.
internet (kependekan daripada perkataan 'interconnected-networking') ialah rangkaian komputer  yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan  TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking,
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pancari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim.
Internet sebuah infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer untuk saling berbicara satu sama lain di seluruh dunia. Internet bisa digunakan untuk menulis kepada individual atau kepada grup.
Membahas tentang internet tentu tiada habisnya. Internet sekarang sudah menjadi hal yang tidak tidak baru lagi. Banyak orang memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi, mencari informasi dan sebagai hiburan. Dengan internet kita akan mendapatkan apapun yang kita butuhkan dan kita inginkan.
Tentang internet, Laquey mengatakan bahwa internet merupakan jaringan longgar dari ribuan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Menurut Laquey lagi, yang membedakan internet (dan jaringan global lainnya) dari teknologi komunikasi tradisional adalah tingkat interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk menyiarkan pesannya. Tak ada media yang memberi setiap penggunanya kemampuan untuk berkomunikasi secara seketika dengan ribuan orang. Internet adalah perkakas sempurna untuk menyiagakan dan mengumpulkan sejumlah besar orang secara elektronis,Informasi mengenai suatu peristiwa dapat ditransmisikan secara langsung,sehingga membuatnya menjadi suatu piranti meriah yang sangat efektif,Internet unggul dalam memghimpun berbagai orang, karena geografis tak lagi menjadi pembatas. Berbagai orang dari negara dan latar belakang yang berbeda dapat saling bergabung berdasarkan minat dan proyeknya.
FUNGSI INTERNET
Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi,penyedia informasi,dan fasilitas untuk promosi.Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi di seluruh dunia.Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).Selain fasilitas Electronic mail internet juga menyediakan fasilitas untuk ngobrol yang dalam internet disebut chatting.Kemampuan internet lainnya adalah Usenet ,yaitu forum yang disediakan bagi pengguna internet untuk berbagi informasi dan pemikiran mengenai suatu topk melalui bulettin elektronik.

Dengan menggunakan forum ini,pengguna dapat mengirim pesan mngenai topik bersangkutan dan menerima tanggapan dari pihak lain,Internet terhubung dengan ratusan katalog perpustakaan,sehingga penggunaannya dapat meneliti ribuan data base yang terbuka untuk umum melalui jaringan tersebut yang disediakan oleh perusahaan,pemerintah ataupun niralaba.Pengguna internet dapat mempergunakan informasi ini untuk berbagai keperluan bisnisnya,sehingga bisa mengetahui kondisi lingkungan termasuk pesaing dan perkembangan kepentingan para stakeholder.

Beberapa metode atau alat untuk mengakses komputer dan mencari file yang dapat diterapkan melalui internet adalah gopher,archie,dan wide area information servers.
Dalam dunia bisnis internet digunakan sebagai alat penghubung yang praktis untuk komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan,tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi.Sekarang ini banyak situs – situs yang melakukan penjualan barang dan jasa lewat internet,dan tentunya kita kalau ingin membeli harus memakai kartu kredit,jadi transaksi itu terjadi lewat internet.

Kebanyakan orang di luar negeri seperti Amerika sering berbelanja produk atau barang lewat internet.Kalau dinegara kita masih jarang yang melakukan pembelian lewat internet yang ada penjualan,penyedia jasa dan penyedia informasi

Apakah itu informasi tentang berita,informasi tentang pendidikan,atau lain- lainnya,Selain yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi fungsi dan kegunaan internet seperti dalam bidang komunikasi.Sekarang kita bisa berkomunikasi telepon – teleponan dengan semua orang diseluruh dunia tanpa harus membayar seratus perak pun alias gratis.yaitu dengan menggunakan fasilitas VOIP.bila memakai telepon biasa menggunakan biaya yang mahal bila kita menggunakan fasilitas tersebut tingkat kemudahan dan efisiensi jadi lebih praktis dibandingkan menggunakan telepon.



FITUR-FITUR DALAM INTERNET
Seperti yang kita ketahui dunia komunikasi yang kian maju memaksa kita untuk mengikuti perkembangan ini,beragam pembaharuan yang terjadi dari tahun ke tahun,internet tentu adalah salah satunya yang kini menjadi sorotan utama dalam perkembangan dunia,walaupun dahulunya internet kurang popular dikalangan masyarakat diakibatkan keterbatasan daya jangkauannya membuat sebagian orang terus berinovasi agar kemudahan yang ditawarkan mmpu dinikmati bagi seluruh masyrakat dibelahan dunia,adapun bagian dari kemajuan internet sendiri adalah munculnya fitur-fitur baru yang diberikan,seperti sebagai berikut:

1.E-mail
E-mail adalah surat elektronik; surat yang ditulis dalam bentuk elektronik.
E-mail adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa manfaat
,Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup    murah.


2.Chatting
Chatting merupakan salah satu fitur internet yang saat ini sedang digandrungi para remaja didunia,karena fitur ini menyediakan fasilitas bagi penyedianya untuk saling berkomunikasi satu sama lain melalui Chat atau obrolan ,media penyalur chat salah satunya adalah yahoo messenger dan facebook bahkan kita dapat melihat satu sama lain wajah lawan bicara kita melalui cam frog.tanpa harus repot-repot lagi untuk bertemu seseorang dengan jarak yang jauh,selain itu serentak dengan kemajuan jaman chatting dapat dilakukan melalui handphone atau lebih tepatnya smart phone yang kini tengah menjadi mode melalui BBM black berry messenger.

3.Mobile net
Memungkin bagi kita untuk mengakses internet didaerah manapun tanpa harus repot-repot lagi,biasanya mobile net digunakan bagi orang-orang yang hobby menggunakan situs jejaring social untuk saling berkomunikasi dengan relasinya,aplikasinya sendiri biasanya adalah Mig 33 yang sangat diminati orang saat ini,selain hanya digunakan untuk hal tersebut.
Mobile internet memudahkan bagi pekerja yang dituntut untuk saling kontak dengan hubungannya terutama dalam pengaksesannya bila kita ingin mencari in formasi yang cepat dan mudah.

4.Video streaming
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran video secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain,yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus.
Dengan teknologi video streaming ini memungkinkan kita menonton televisi melalui Internet.

5.VOIP(Voice Over internet protocol) Suara jarak jauh secara langsung
Sinyal suara analog seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.
Dalam komunikasi
VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan Internasionaldapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voicedan data networkterpisah, sehingga IP Phone dapat di tambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange).


FASILITAS INTERNET
Apa yang bisa kita lakukan di Internet ? Banyak. Berikut ini beberapa fasilitas terpenting yang disediakan di Internet, antara lain :
  1. Electronic Mail atau e-mail
  2. Discussion Groups
  3. FTP
  4. Telnet
  5. Gopher
  6. World Wide Web

1.Electronic main atau E-mail
Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.
contoh alamat email : duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com
2.Discussion Group.
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain. Kita dapat berpartisipasi dalam diskusi dan debat dengan topik yang beragam mulai dari hobi sampai pada permasalahan komputer atau malah masalah hiburan dan artis.
Mailing list
Mailing List atau sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, adalah salah satu jenis discussion group di Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Setiap email yang masuk kemudian akan dikirim balik ke setiap member milis tersebut. Untuk menjadi member sebuah milis dimulai dengan mengirim email ke
Newsgroups.
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. Setiap komputer terdapat beberapa newsgroup. Setiap newsgroups diatur berdasarkan satu topik general yang kemudian dibagi menjai beberapa subtopik dibawahnya. 
3.FTP
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita bisa mengkopi file-file di server ke komputer kita, hal ini yang disebut download. Selain itu kita juga bisa mengkopi file-file di komputer kita ke server di internet, hal ini disebut dengan upload.



4.Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet. Penggunaan server ini sama seperti kalau kita melakukannya pada komputer di jaringan lokal.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.

5.Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar, menu-menu ini adalah daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.

6.World Wide Web
WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).







0 komentar:

Posting Komentar