Selasa, 16 April 2013

Makna dan Sejarah Opera Sabun



Opera sabun adalah fiksi drama yang ditayangkan secara berseri dan terbagi dalam banyak episode di radio maupun televisi Kata sabun dalam bentuk acara ini berasal dari seri drama yang ditayangkan pertama kali, yang disponsori oleh pabrik sabun, yakni Procter & Gamble, Colgate-Palmolive, dan Lever Brothers. Sementara itu, kata “opera” diambil dari karakter fiksi yang ditayangkan: sangat dramatis dan melodramatis. Sekilas, kurang lebih begitulah awal sejarah opera sabun.


            Pada sekitar tahun 1920-an, terdapat sebuah radio dengan nama the Bee’s Knees. Dimana pada radio tersebut terdapat serangkaian serial yang ditujukan untuk pendengar perempuan dan ditayangkan pada siang hari. Ketika itu, acara tersebut belum memiliki nama dan sponsor. Akhirnya radio tersebut memutuskan bahwa mereka harus memikirkan cara untuk membuat serial tersebut mendapatkan perusahaan yang mensponsori acara ini sehingga acara ini menjadi menguntungkan.
            selain itu stasiun-stasiun radio hanya mengandalkan iklan sebagai satu-satunya sumber pemasukan. Perusahaan-perusahaan saat itu bisa memilih memasang iklan atau mensponsori acara-acara tertentu.
            Pada awalnya opera sabun ditayangkan pada siang hari di radio di mana sebagian besar pendengarnya adalah ibu-ibu rumah tangga. Pada era itu, perempuan bekerja adalah satu hal yang langka sehingga sebagian besar perempuan menghabiskan harinya di rumah. Selain itu, ibu-ibu rumah tangga juga merupakan pemirsa sasaran ideal bagi produk-produk pembersih rumah tangga, seperti sabun, deterjen, produk-produk pembersih sejenis. Itu yang secara tradisional membuat opera sabun sangat terkait dengan pemirsa perempuan sehingga kebanyakan kisah-kisah opera sabun saat itu juga berhubungan dengan hal-hal di seputar rumah tangga dan kehidupan domestik, Ma Perkins dan One Man’s Family adalah dua opera sabun pertama yang ditayangkan oleh jaringan radio di AS.
            Jadi, opera sabun itu sama dengan telenovela, atau jaman sekarang seperti sinetron lebih kurang hampir mirip cerita Cinta Fi*tri yang  terus bergenerasi  dan ceritanya hanya tentang perebutan harta, cinta yang tak kunjung padam, serta cerita yang diakhiri happy ending tanpa merasakan sengat panas dunia yang sebenarnya, bagaimana media mencerminkan keadaan yang berbanding terbalik. 
            Opera sabun bisa juga dimaknai seperti buih, karena sabun ketika kita gosok makin berbuih. Makin lama digosok buihnya makin banyak. Sinetron atau opera sabun juga sama. Makin lama makin berbuih, makin panjang, dan nggak khatam-khatam. Tapi jangan salah makna Opera Sabun yang sebenarnya bukan demikian melainkan secara umum opera sabun sangat terkait dengan pemirsa perempuan, karena opera sabun sebagai media promosi dan perempuan adalah destinasinya.


1 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan solusi Chemical yang tepat kepada Anda,mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.pengurangan biaya yang dijalankan
    Harga
    Terjangkau
    Cost saving
    Solusi
    Penawaran spesial


    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management
    OUR SERVICE
    Coagulan
    Flokulan
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical
    Hand sanitizer
    Evaporator
    Oli Grease
    Karung
    Synthetic PAO.. GENLUBRIC VG 68 C-PAO
    Zinc oxide
    Thinner
    Macam 2 lem

    BalasHapus